Lintas7news, Blitar – Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) mengungkapkan hasil pertandingan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2011 akan jadi ajang seleksi atlet menuju SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja.

Pertandingan digelar sejak 13-17 Agustus 2022 berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Diikuti oleh 804 atlet pencak silat dari tujuh negara, diantaranya Indonesia, Thailand, Malaysia, Jepang, Egypt.

Gelar Grand Champion berhasil diraih oleh kontingen Persaudaraan Setia Hati Terate dengan mengantongi 9 emas, 4 perak, 6 perunggu. Juara umum 1 kategori dewasa diraih kontigen Garuda A dengan 4 emas dan 1 perak, juara umum 2 kontingen Jawa Barat 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, Juara umum 3 diraih kontingen Persaudaran Setia Hati Terate 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Gelar pesilat terbaik kategori junior male diraih oleh Maaliki Istiqlal Amuskan dari PPLP Jawa Tengah, sedangkan female diraih oeh Elrika Salsabila dari Persudaraan Setia Hati Terate. Kategori senior male diraih oleh Igi Rangga Barani dari Garuda A, female oleh Ria Hasyriani Hasyim dari IPSI Sulawesi Selatan.

Ketua Harian PB IPSI Benny Gautama optimis pencak silat akan dipertandingkan pada Olimpiade mendatang. Terlebih cabang olahraga pencak silat termasuk 14 cabor prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Meskipun ini baru pertama kali digelar  tapi ajang ini menjadi seleksi kami untuk persiapan SEA Games Kamboja. Dan pesilat senior kita yang kemarin menjuarai PON, SEA Games, dan Kejuaraan Dunia tidak ikut serta disini,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PB IPSI Bayu Syahjohan.

(OAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.