Lintas7News.com – Masker wajah merupakan bagian dari rutinitas perawatan yang sudah banyak digunakan karena dipercaya membantu mengatasi permasalahan kulit.

Untuk jenisnya beragam, seperti clay mask, sheet mask, peel-off mask, masker berbahan krim, gel, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Beda jenis masker, berbeda juga cara membersihkannya. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membersihkan masker wajah yang benar sesuai jenisnya.

Hal ini penting diketahui supaya kinerja masker wajah lebih maksimal, baik ketika diaplikasikan ke wajah atau sesudahnya. Berikut cara yang dapat dilakukan merujuk Skincare.

Cara membersihkan masker wajah yang benar sesuai jenisnya (Foto: iStockphoto/triocean)

1. Sheet Mask

Sheet mask atau masker lembaran yang sudah selesai digunakan bisa dilepas begitu saja. Kemudian sisa cairan maskernya tinggal dipijat lembut ke seluruh wajah dan tidak perlu dibilas air.

2. Clay Mask

Clay mask (tanah liat) bisa dibersihkan dengan cellulose sponge yang dibasahi air hangat atau sikat silikon elektrik supaya sisa masker terangkat dan lanjut bilas dengan air seperti biasa.

3. Mud Mask

Mud mask (lumpur) sebaiknya dibersihkan memakai cellulose sponge yang dibasahi air hangat dengan gerakan melingkar ke atas. Setelahnya bilas dengan air hangat kembali.

4. Overnight Mask

Cara membersihkan masker wajah yang benar jenis overnight mask sama dengan sheet mask, tinggal pijat sisa masker ke wajah dan bisa lanjut dengan rangkaian perawatan lainnya.

5. Peel-off Mask

Cara membersihkan wajah setelah pakai masker peel-off ini tinggal dikelupas perlahan ke arah atas dengan lembut supaya tidak mengiritasi kulit wajah. Setelahnya bisa dibilas dengan air ataupun langsung dilanjutkan tahapan skincare lainnya.

6. Cream Mask

Sebelum dibersihkan, pijat sisa cream mask ke seluruh wajah. Gunakan kapas atau kain lembut dibasahi air hangat untuk mengangkat sisa dan keringkan wajah dengan handuk.

7. Gel Mask

Untuk membersihkan masker gel, cukup rendam waslap di air hangat dan tempelkan ke wajah Anda. Kemudian bersihkan dengan lembut secara menyeluruh ke area wajah sampai bersih.

8. Charcoal Mask

Rendaman waslap di air hangat juga bisa digunakan untuk membersihkan charcoal mask karena lebih efisien.

Sebab jenis masker ini akan berubah tekstur menjadi keras ke wajah. Membersihkan dengan kain lembap akan mempermudah terangkatnya residu charcoal mask dari permukaan kulit.

9. Exfoliating Mask

Untuk exfoliating mask diperlukan double cleansing, pertama memakai waslap yang dibasahi air hangat dan lanjut bersihkan wajah di air mengalir sampai bersih sempurna.

10. Eye Mask

Eye mask ini jangan dibersihkan dengan air, cukup lepas lembaran eye mask dari bawah mata dan pijat sisanya lalu biarkan begitu saja sampai semua sisa serumnya meresap.

Dengan begitu, cara membersihkan masker wajah yang benar ternyata tidak semuanya memerlukan air untuk dibilas.

Karena ada juga yang sifat maskernya digunakan untuk pre-makeup seperti sheet mask, eye mask, sehingga bisa langsung dilanjut dengan rangkaian perawatan wajah lainnya.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.