Lintas7News.com – Aktor Dwayne Johnson atau juga dikenal sebagai The Rock mengungkapkan bahwa dia terbiasa mandi tiga kali sehari.

Menanggapi kebiasaan bintang Fast & Furious tersebut, dokter mengatakan bahwa mandi terlalu sering memiliki efek negatif untuk kesehatan.

Menurut Jaydeep Tripathy, dokter perawatan primer di Doctor Spring, kebanyakan orang dewasa dan anak-anak mendapat manfaat dari memiliki beberapa bakteri di kulit mereka.

Sering mandi, terutama dengan sabun, dapat mengganggu mikrobioma kulit.

“Mandi dapat menghilangkan minyak sehat pada kulit dan rambut Anda, belum lagi bakteri baik yang menjaga mikrobioma kulit Anda tetap sehat,” kata Tripathy kepada Insider.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Selain itu, kulit berfungsi sebagai penghalang untuk menjaga patogen berbahaya keluar dari tubuh. Namun jika terlalu kering, yang bisa terjadi karena sering mandi, itu bisa merusaknya dan menjadi kurang efektif dalam mengusir kuman.

Johnson – yang memiliki tiga anak perempuan, usia 2, 6, dan 19 tahun – sebelumnya ikut bergabung ke perdebatan soal kebersihan yang tengah ramai di kalangan selebriti Hollywood.

Ashton Kutcher dan Mila Kunis mengatakan bahwa mereka tidak memandikan anak-anak bahkan diri mereka setiap hari. Sementara, Johnson berkata sebaliknya.

“Tidak, aku kebalikan dari selebriti yang ‘tidak membersihkan diri’,” tulis Johnson di Twitter.

“Saya mandi (dingin) ketika bangun dari tempat tidur untuk memulai hari. Mandi (hangat) setelah berolahraga sebelum bekerja. Mandi (panas) setelah saya pulang kerja. Cuci muka, cuci tubuh, eksfoliasi dan saya bernyanyi di kamar mandi,” lanjutnya.

Dokter mengatakan sebaiknya tidak mandi terlalu sering, bahkan menilai rutinitas Johnson mungkin berlebihan bagi kebanyakan orang.

“Kecuali jika Anda kotor atau berkeringat, Anda tidak perlu mandi lebih dari sekali sehari,” katanya.

“Bahkan, jika Anda tinggal di daerah yang cuaca dan suhunya tidak membuat Anda berkeringat dan lengket, Anda mungkin tidak perlu mandi setiap hari.”

Tripathy mengakui bahwa beberapa orang, termasuk mereka seperti Johnson yang berolahraga setiap hari, mungkin suka mandi beberapa kali sehari.

Petugas kesehatan dan orang lain yang mungkin terpapar virus corona atau kuman mungkin juga mandi lebih sering mandi selama pandemi.

Namun yang perlu diingat, jika Anda ingin mandi lebih sering, prioritaskan penggunaan pelembap yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda, kata Tripathy.

Ini juga berlaku untuk anak-anak – ketika Anda atau anak-anak Anda keluar dari pancuran atau bak mandi, pastikan untuk mengoleskan losion saat kulit masih basah.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.