Tips Mengobati Batuk Setelah Sembuh Covid-19

Lintas7News.com – Sebagian penyintas Covid-19 atau orang yang sudah sembuh dari Covid-19 masih mungkin mengalami sejumlah gejala termasuk batuk. Berikut cara mengobati batuk setelah sembuh Covid-19.

Setelah infeksi, ada antibodi yang terbentuk tetapi bukan tidak mungkin masih ada efek dari penyakit termasuk batuk kering maupun berdahak.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Pusat pengendalian penyakit AS (CDC) menyebut bahwa pasien dengan gejala ringan hingga sedang perlu waktu pemulihan sekitar 10 hari. Sedangkan pasien dengan gejala berat hingga kritis pemulihannya bisa memakan waktu hingga 20 hari.

Anda tidak perlu panik sebab pemulihan memerlukan waktu. Sembari perlahan kembali pada rutinitas, berikut cara mengobati batuk setelah sembuh Covid.

Batuk kering

Batuk kering terasa seperti memberikan tekanan lebih pada tenggorokan. Menurut First Post, NHS Inggris memberikan beberapa cara mengobati batuk setelah sembuh Covid, khususnya batuk kering.

  1. Jaga hidrasi tubuh dengan menambah asupan cairan. Utamakan konsumsi minuman hangat.
  2. Atur cairan yang masuk dengan minum sedikit demi sedikit daripada langsung banyak. Hal ini untuk memudahkan menelan dan mengurangi rasa tidak nyaman.
  3. Menghirup uap air, caranya tuang air panas pada mangkuk besar, lalu tundukkan kepala di atas air panas dan hirup. Anda bisa menutupi kepala dengan handuk untuk menahan uap air.
  4. Lemon dan madu, campuran keduanya plus air hangat akan menenangkan tenggorokan.

Batuk berdahak

Cara mengobati batuk setelah sembuh Covid terlebih batuk berdahak mungkin terbilang cukup sulit. Anda harus memuntahkan dahak secara teratur. Selain itu, perlu diperhatikan pula pembuangan dahak sebab bisa menularkan ke yang lain.

  1. Jaga hidrasi dengan minuman hangat, sup, kaldu tulang atau teh herbal.
  2. Menghirup uap air untuk membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan.
  3. Tidur dengan posisi miring ke kanan atau kiri untuk mengurangi kadar air pada dahak dan mencegah penyumbatan hidung.
  4. Tetap bergerak untuk mengoptimalkan fungsi paru. Ini juga akan menggerakkan dahak sehingga memicu pengeluaran.

Di samping manajemen batuk sesuai jenisnya, secara umum cara mengobati batuk setelah sembuh Covid-19 antara lain,

  • Banyak tidur, mungkin Anda tidak harus isolasi mandiri lagi tetapi atur supaya tubuh banyak istirahat. Tidur di malam hari paling tidak 7 jam, kemudian ambil waktu untuk tidur siang maksimal satu jam.
  • Latihan napas, sebagian pasien Covid yang sembuh masih mengalami masalah pada pernapasan. Sebaiknya lakukan latihan napas dengan menarik napas dalam 5 hitungan lalu hembuskan dalam 10 hitungan. Pun latihan ini bisa ditambah dengan cara tarik napas, tahan baru hembuskan.
  • Konsultasi dengan dokter, jika Anda mengalami gejala lain seperti kelelahan, sakit kepala atau gejala lain, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Konsultasi terkait cara mengobati batuk setelah Covid bisa dilakukan via telemedicine untuk meminimalisir mobilitas dan kontak dengan orang lain.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.