Lintas7News.com – Tak hanya pada orang dewasa, diabetes juga bisa terjadi pada usia muda, termasuk remaja dan anak-anak.

Kenali cara mencegah diabetes di usia muda. Kasus diabetes di usia muda terus meningkat dari tahun ke tahun. Deteksi dini dan pencegahan akan membantu kelompok muda untuk meningkatkan kesehatannya.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah. Ada dua jenis diabetes yang menyerang tubuh.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Diabetes tipe-1 menjadi jenis yang paling umum pada usia muda. Namun, tak menutup kemungkinan remaja dan anak juga mengalami diabetes tipe-2.

Diabetes tipe-2 merupakan kondisi kronis saat pankreas memproduksi insulin lebih sedikit atau tidak sama sekali.

Pada umumnya, gejala diabetes yang dirasakan pada anak, remaja, dan dewasa hampir sama. Pada diabetes tipe-2, gejala-gejalanya meliputi sering buang air kecil, rasa haus, kelelahan, penurunan berat badan tanpa alasan, gatal di area genital, pandangan buram, dan penyembuhan luka yang lama.

Cara Mencegah Diabetes Tipe-2 di Usia Muda

Tak seperti diabetes tipe-1 yang sulit dicegah, diabetes tipe-2 dapat dicegah dengan perubahan pola hidup.

Pada diabetes tipe-2, pankreas masih bisa memproduksi insulin, namun tubuh tidak meresponsnya dengan cara yang benar. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kelebihan berat badan.

Memiliki berat badan yang sehat adalah salah satu cara mencegah diabetes tipe-2. Menerapkan pola makan yang tepat dan rutin berolahraga dapat menjadi langkah yang baik.

1. Atur pola makan

Coba-lah untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi nutrisi lainnya seperti gandum, buah, sayur, produk susu, dan protein tanpa lemak.

Tak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan, tapi makanan-makanan itu juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Batasi makanan cepat saji dan minuman berpemanis

Konsumsi banyak makanan cepat saji yang sarat kalori dan minuman yang mengandung gula tambahan dapat memicu penambahan berat badan.

3. Aktivitas fisik Buat tubuh seaktif mungkin.

Kurangi waktu untuk berdiam diri dan tidak banyak bergerak. Cara-cara ini dapat membantu mencegah diabetes. Anda juga tak perlu repot pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Apa pun itu, bergerak-lah setiap hari.

4. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda merasa ingin memperbaiki berat badan, maka berkonsultasi-lah dengan dokter atau ahli diet. Perawatan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan tujuan berat badan yang diinginkan untuk tetap sehat.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.