Lintas7News.com – Sebuah Kapal raksasa kembali terjebak di jalur perdagangan dunia, Terusan Suez, Mesir, Selasa (6/4). Peristiwa ini terjadi tak lama setelah kapal MV Ever Given yang juga terjebak di sana berhasil dievakuasi.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Kapal M/T Rumford itu mogok di bagian selatan Terusan Suez dikarenakan mesinnya mati.

Gangguan itu tidak berlangsung lama. Otoritas Terusan Suez (SCA) langsung mengirim kapal tunda Tim Hope dan Mosaed 3 untuk membantu tanker itu.

“Otoritas segera menangani masalah mesin salah satu kapal yang melintasi Terusan Suez, kapal tanker minyak Rumford dengan muatan 62.000 ton,” ujar  SCA seperti dikutip dari Reuters.

“Masalah tersebut hanya berlangsung sekitar 10 menit,” kata Kepala SCA Osama Rabie.

“Kapal tunda menangani insiden tersebut secara profesional dan kapal tanker melanjutkan kembali perjalanan setelah masalah diperbaiki oleh awak kapal.”

SCA telah memastikan lalu lintas pelayaran tidak terpengaruh oleh insiden ini. Sebanyak 84 kapal berhasil melintasi kedua sisi Terusan Suez pada hari itu.

Insiden itu sempat dilaporkan membuat lalu lintas pelayaran tersumbat.

Laporan mengenai lambatnya lalu lintas jalur perdangan global bersifat sangat sensitif setelah insiden kapal Ever Given yang menghambat jalur selama hampir seminggu pada Maret lalu dan membuat rantai pasokan internasional berantakan.

Sampai saat ini SCA tengah mempertimbangkan untuk memperluas jalur bagian selatan Terusan Suez, tempat kapal Ever Given terjebak.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.