Lintas7news.com – Pemimpin de facto Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), dipastikan tak hadir ke pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris pada hari ini, Senin (19/9).

Seorang sumber Kementerian Luar Negeri Inggris mengonfirmasi kabar ini. Kabar ini bertolak belakang dengan pernyataan Inggris sebelumnya bahwa MbS diperkirakan bakal hadir.

Sejumlah sumber dekat Kedutaan Besar Saudi di Inggris juga sempat mengonfirmasi bahwa MbS akan berkunjung ke London pada akhir pekan lalu, menjelang pemakaman Ratu Elizabeth.

Namun kemudian, sumber Reuters mengatakan bahwa Saudi bakal diwakili Pangeran Turki bin Mohammed al Saud dalam pemakaman Elizabeth tersebut.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Turki merupakan menteri negara yang sudah menjadi anggota kabinet sejak 2018 lalu. Cucu Raja Fahd ini merupakan bagian dari sederet pejabat generasi muda yang dipilih MbS.

Perubahan rencana perwakilan yang hadir di pemakaman Ratu Elizabeth ini datang dari pihak Saudi.

Sumber itu menegaskan bahwa Inggris hanya berkewajiban mengirimkan undangan kepada para pemimpin negara asing.

Namun pada akhirnya, negara tersebut lah yang memutuskan perwakilan mereka.

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Hubungan Saudi dan Inggris sendiri memang sempat panas karena kasus pembunuhan jurnalis Amerika Serikat, Jamal Khashoggi, pada 2018 lalu.

Intelijen AS menduga kuat MbS merupakan dalang dari pembunuhan tersebut. Namun, Saudi terus membantah tudingan itu.

(RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.