Penyebab dan Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

Lintas7news.com – Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang memberi sinyal saat tubuh terserang virus, bakteri, sampai kuman atau parasit.

Biasanya, ketika tubuh terserang virus dan lainnya, kelenjar getah bening akan membesar atau membengkak.

Saat bengkak, sebagian orang menganggap bahwa kelenjar getah bening harus dioperasi. Nyatanya, ada cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi.
kelenjar getah bening adalah saluran di dalam tubuh yang mirip pembuluh darah yang berfungsi menyaring getah bening dan mengandung sel darah putih.

Letak kelenjar getah bening ada di seluruh tubuh. Tepatnya di bawah kulit, seperti di ketiak, bawah rahang, atas tulang selangka, kedua sisi leher, sampai kedua sisi selangkangan.

Biasanya, kelenjar getah bening akan membengkak ketika tubuh terserang virus. Misalnya, saat terkena flu dan batuk, kelenjar getah bening di sekitar leher mungkin saja membengkak.

Selain itu, diikuti pula dengan gejala-gejala lain, seperti demam, panas dingin, tubuh berkeringat, hingga membuat jalan jadi bungkuk.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Setelah virus pergi, bengkak kelenjar getah bening biasanya akan mereda dan perlahan sembuh. Dengan demikian, cara mengobati kelenjar getah bening tak hanya dengan operasi, melainkan bergantung dari penyebab kelenjar getah bening.

Penyebab pembesaran kelenjar getah bening


Penyebab pembesaran kelenjar getah bening biasanya karena infeksi telinga dan infeksi sinus.

Selain itu, bisa karena flu, radang tenggorokan, infeksi gigi, infeksi gigi, hingga infeksi menular seksual, seperti sifilis, gonore, hingga HIV.



Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh toksoplasmosis, tuberkulosis, sampai herpe zoster.

Gejala Kelenjar Getah Bening

Gejala pembengkakan kelenjar getah bening biasanya ditandai dengan muncul benjolan sebesar kacang polong atau buah ceri di leher, ketiak, atau bagian-bagian tubuh lain yang memiliki kelenjar tersebut.

Selain muncul benjolan, biasanya benjolan tersebut akan terasa nyeri ketika disentuh. Terkadang, bisa menimbulkan sakit jika disentuh dengan gerakan tertentu.

Gejala lain, saat benjolan kelenjar getah bening muncul di bawah rahang atau leher, maka kepala akan nyeri ketika digerakkan dan mengunyah makanan.

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi



Sebenarnya pembengkakan kelenjar getah bening akan mengempis atau sembuh dengan sendirinya jika disebabkan oleh infeksi seperti infeksi flu dan batuk.

Artinya, tanpa obat dan operasi pun pembengkakan kelenjar getah bening bisa sembuh.

Namun terkadang, dokter akan memberikan obat antivirus atau antibiotik untuk melawan infeksi virus dan bakteri yang menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain itu, dokter biasanya akan merekomendasikan obat-obatan seperti acetaminophen dan ibuprofen untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit serta untuk mengurangi peradangan.

Senada, menurut Mayo Clinic, cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi adalah dengan memberi obat-obatan khusus jika penyebabnya karena infeksi.
Termasuk infeksi HIV, bisa diberikan obat-obatan khusus dengan berkonsultasi dengan dokter.

Cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi lainnya adalah dengan mengompresnya. Kompres bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat dan handuk.

Caranya, celupkan handuk ke air hangat. Lalu, peras dan tempelkan ke area kelenjar getah bening yang bengkak. Misalnya, di bagian leher atau ketiak.

Lakukan hal ini selama beberapa kali. Setelah itu, istirahatlah yang cukup agar tubuh punya tenaga untuk melawan virus dan bakteri. Dengan begitu, kelenjar getah bening yang membengkak bisa segera kempis dan sembuh.

Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Selain kompres dan istirahat, beberapa sumber lain menyebut cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi bisa dengan mengonsumsi bahan-bahan berikut ini.


1. Vitamin C

Vitamin C dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening karena membantu sistem kekebalan tubuh cepat pulih. Dengan begitu, bisa melawan infeksi virus dan bakteri.

Saat virus dan bakteri hilang, maka pembengkakan kelenjar getah bening pun mengempis dan sembuh.

2. Madu


Madu dipercaya bisa mengatasi infeksi karena turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, campurkan madu ke air hangat, lalu minum. Bisa juga dengan mencampurkan madu dengan jus lemon yang kaya vitamin C.



3. Cuka apel

Campuran cuka apel dan air hangat juga disebut bisa mengatasi infeksi di tubuh. Caranya, dengan mengompreskan campuran cuka apel dan air hangat ke daerah pembengkakan kelenjar getah bening.

Cara lain, dengan mencampurkan cuka apel, madu, dan air matang. Lalu, minum dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

4. Bawang putih


Bawang putih yang mengandung anti-inflamasi dan anti-mikroba juga dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening.

Caranya, konsumsi lebih banyak bawang putih pada masakan Anda sehari-hari atau mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke area yang bengkak.

Itulah penyebab, gejala, dan cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi. Semoga membantu.

(CNNIndonesia/NB)


Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.