Lintas7news.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja optimal demi menjaga marwah Polri. Dia mengaku tak segan mencopot anggota yang melakukan pelanggaran termasuk perwira tinggi atau jenderal.

Ketimbang menegur, Listyo lebih memilih untuk langsung mencopotnya jika sudah ada laporan yang masuk.

“Kalau ada laporan saya tak perlu tegur lagi, langsung saya proses, saya copot, ini berlaku untuk semuanya apakah itu Polki apakah itu Polwan,” ujar Listyo dalam akun Instagram resminya, Senin (12/9).

Listyo meminta seluruh anggota Polri berani mengoreksi pimpinan bila terbukti salah dan melakukan pelanggaran. Menurutnya, hal itu penting agar seluruh jajarannya tidak melakukan pelanggaran yang akan mencederai rasa keadilan di masyarakat.

“Ikan busuk tentunya mulai dari kepala, mari kita saling mengingatkan. Atasan mengingatkan anak buah, anak buah juga sama. Menyampaikan bahwa ‘komandan sepertinya ini salah’, itu sah-sah saja,” ujar Listyo.

Listyo menegaskan bahwa tidak ada yang salah apabila seorang anak buah mengingatkan pimpinannya yang salah. Menurutnya, anggota jangan hanya sekadar mengikuti perintah atasan.

“Jangan biasakan bila menerima sesuatu yang tidak pas terus rekan-rekan tidak berani menyampaikan pendapat rekan-rekan,” tuturnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Listyo menekankan kembali bahwa marwah dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri perlu dijaga. Dan hanya anggota kepolisian lah yang bisa menjaga marwah Polri.

Oleh karena itu, ia tak segan jika harus mengambil tindakan tegas terhadap anggota yang melanggar aturan. Semuanya demi citra dan marwah Polri di mata masyarakat.

“Ini terus saya ulang-ulang karena saya sayang dengan 430.000 polisi yang telah bekerja dengan baik dan 30.000 PNS yang juga bekerja dengan baik,” ujarnya.

“Saya selalu mewanti-wanti hindari pelanggaran-pelanggaran khususnya hal-hal yang mencederai rasa keadilan masyarakat,” imbuhnya.

(RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.