Lintas7news.com – Raja Charles III menyampaikan pesan manis bagi sang ibunda, Ratu Elizabeth II, dalam pidato nasional pertamanya pada Jumat (9/9) waktu setempat di Istana Buckingham, London, Inggris.

Pesan manis itu disampaikan sekitar satu hari setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) di Istana Balmoral, Skotlandia.

Dalam pidato itu, Raja Charles III menyebutkan panggilan sayang bagi sang ibunda.

“Dan untuk my darling Mama (Mama tersayang), ketika dirimu memulai perjalanan besar terakhir untuk bersama-sama dengan mendiang Papa tersayang, saya hanya ingin mengatakan terima kasih,” kata Raja Charles III dalam pidatonya.

“Terima kasih atas cinta dan pengabdianmu kepada keluarga kita dan keluarga bangsa-bangsa yang kamu layani dengan rajin selama ini.”

“May flights of Angels sing thee to thy rest,” kata Raja Charles III mengakhiri pidato perdananya.

Charles merupakan salah satu orang yang paling awal mendampingi Ratu Elizabeth II ketika dikabarkan kondisi kesehatannya mengkhawatirkan pada Kamis (8/9) pagi di Istana Balmoral, Skotlandia.

Ia kala itu juga langsung mengajak istri keduanya, Camilla Rosemary, untuk menjenguk sang ibunda. Namun, Istana Buckingham pada Kamis sore mengumumkan Ratu Elizabet II meninggal dunia.

Dilansir dari CNNIndonesia, Kerajaan Inggris kemudian mengumumkan Charles sebagai raja begitu Elizabeth dinyatakan meninggal dunia. Namun, Charles baru akan diumumkan secara resmi sebagai raja dalam prosesi Dewan Aksesi di Istana St. James, London, pada Sabtu (10/9).

Charles menjadi raja di usia 73 tahun. Ia pun menjadi sosok tertua yang menerima takhta kerajaan dalam sejarah Inggris. Raja tertua sebelumnya dalam sejarah Inggris adalah Raja William IV yang naik takhta di usia 64 tahun pada 1830.

(RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.