Kim Jong-un Beri Selamat ke Ratu Elizabeth II atas Platinum Jubilee

Lintas7newsw.com – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengirimkan pesan ucapan selamat ke pemimpin monarki Inggris Ratu Elizabeth II kala Ratu merayakan Platinum Jubilee atau perayaan takhta ke-70 tahun.

“Saya mengirimkan ucapan selamat kepada Anda dan masyarakat Anda atas perayaan hari nasional di negara Anda, perayaan hari ulang tahun Yang Mulia,” kata Kim dalam pesannya kepada Ratu, Kamis (2/6), berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri Korut.

Ratu Elizabeth sendiri sudah memulai perayaan Platinum Jubilee sejak Kamis (2/6). Perayaan Platinum Jubilee tersebut dilakukan untuk memperingati 70 tahun Ratu berkuasa.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Pyongyang dan London telah melangsungkan hubungan diplomatik pada 2000. Kedua juga terus menjaga kantor kedutaan mereka, meski Korut tak berhubungan baik dengan negara Barat imbas tes nuklir dan pengembangan senjata lainnya.

Walaupun begitu, Kantor Kedutaan Inggris di Pyongyang sedang ditutup karena perbatasan ketat Korut dalam menangani pandemi Covid-19.

Tahun lalu, media pemerintah Korut KCNA melaporkan Ratu Elizabeth sempat mengirimkan pesan ucapan selamat ke Kim atas perayaan berdirinya Korea Utara. Perayaan itu jatuh pada 9 September.

“Mengingat warga di Korea Utara merayakan Hari Nasional mereka, saya mengirimkan pesan harapan baik untuk masa depan,” kata Ratu, dalam laporan KCNA.

Sementara itu, hubungan Korut dan Barat semakin buruk kala Pyongyang terus melakukan uji coba senjata.

Pada tahun ini saja, Korut telah melangsungkan 17 kali uji coba senjata, termasuk rudal balistik antarbenua.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.