NATO Siap Dukung Ukraina Perang Lawan Rusia Bertahun-tahun

Lintas7news.com – Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa blok pertahanan itu siap mendukung Ukraina melawan Rusia dalam perang yang diperkirakan bisa bertahan selama bertahun-tahun.

“Kami harus mempersiapkan untuk waktu yang lama. Tentu saja ada kemungkinan perang ini akan berlangsung selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun,” kata Stoltenberg, Kamis (28/4.

“Sekutu NATO bersiap memberikan dukungan di waktu yang lama dan membantu Ukraina mengganti peralatan lama era-Soviet ke senjata dan sistem standar NATO yang lebih modern, yang juga membutuhkan lebih banyak latihan.”

Selain itu, Stoltenberg menegaskan bahwa Barat bakal terus menekan Presiden Rusia, Vladimir Putin, agar menghentikan invasi di Ukraina.

Pernyataan-pernyataan tersebut diungkapkan Stoltenberg setelah Kremlin memperingatkan Barat agar tak memasok senjata ke Ukraina.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Menurut Kremlin, sikap Barat itu mengancam keamanan Benua Eropa dan memprovokasi ketidakstabilan di kawasan.

Sementara itu, Ukraina sendiri terus meminta lebih banyak bantuan senjata berat imbas operasi militer Rusia yang kini berubah haluan ke Donbas. Area tersebut dinilai strategis menjadi medang perang tank.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.