Lintas7News.com – Hari pertama dan kedua saat puasa Ramadan badan tentunya masih dalam masa penyesuaian. Tak jarang Anda bakal lanjut tidur setelah sahur atau bablas tidur tanpa sahur.
Namun kalau Anda punya kebiasaan tidur setelah sahur, Anda harus hati-hati karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.
Langsung tidur setelah sahur dapat mengganggu pencernaan karena tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan. Bahkan hanya berbaring saja tanpa benar-benar tidur dapat memicu masalah kesehatan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa kembali tidur?
Apabila makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran, maka dibutuhkan sekitar tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.
Jika langsung tidur kurang dari waktu cerna yang direkomendasikan, akan berdampak mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tak langsung tidur setelah sahur. Biasakan untuk tetap aktif setidaknya 3 jam setelah makan sahur.
Untuk mengisi waktu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya ibadah subuh, seperti salat dan mengaji, membersihkan dapur atau kegiatan lainnya yang bermanfaat.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul karena langsung tidur setelah sahur

1. Refluks asam lambung atau GERD

5 Gejala Penyakit Asam Lambung, Hati-Hati Jika Batuk
Ilustrasi Asam Lambung

Setelah makan, jangan langsung berbaring karena dapat meningkatkan komplikasi GERD atau refluks asam lambung, seperti kerusakan pada esofagus.
Posisi telentang atau miring dapat menyebabkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna di lambung mudah naik ke kerongkongan. Apalagi jika usai makan berat, Anda akan bangun dengan perut kembung.
Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD karena tubuh tidak dalam posisi tegak–posisi ideal untuk mencerna makanan. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu asam lambung.
Memang hal ini tak akan langsung terasa ketika Anda melakukannya sekali atau dua kali. Jika dilakukan terus-menerus akan menimbulkan gejala yang berarti seperti panas di dada, tenggorokan panas, mual, bersendawa, dan mulut pahit adalah gejala yang menunjukkan refluks.

2. Menurunkan kualitas tidur

Gangguan Tidur - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter
Ilustrasi Gangguan Tidur

Langsung tidur setelah sahur bisa memunculkan perasaan gelisah sehingga mengganggu kualitas tidur.
Kebiasaan langsung tidur setelah sahur, terutama makan makanan berlemak dapat menurunkan kualitas tidur.
Saat kenyang, Anda mungkin akan terasa mengantuk, tetapi akan muncul perasaan gelisah sehingga membuat mudah terbangun saat tidur.

3. Berat badan naik

Selain Jarang Olahraga, 4 Alasan Ini Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik -  Semua Halaman - Grid Health
Ilustrasi Berat Badan Naik

Sudah jadi rahasia umum kalau dampak dari kebiasaan langsung tidur setelah sahur membuat berat badan melonjak naik. Tak heran, ketika Ramadan banyak orang bukan bertambah kurus tapi justru sebaliknya.
Hal ini disebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung pergi tidur usai makan membuat tubuh menimbun lemak karena Anda tidak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk.
Terlebih seseorang dengan riwayat keluarga dengan badan obesitas dan punya kebiasaan tidur setelah makan akan berkali-kali lipat berisiko mengalami kelebihan berat badan.

4. Sakit tenggorokan

Batuk Kering Hingga Sakit Tenggorokan, 5 Gejala Utama Infeksi Covid-19  Varian Omicron
Ilustrasi Sakit Tenggorokan

Refluksterjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan danmengiritasi lapisan sekitarnya. Iritasi dapat menyebabkan sakit tenggorokan, batuk kering, bahkan mengi.
Langsung tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sensasi panas tak cuma dirasakan di dada saja tetapi juga di daerah tenggorokan. Ini disebabkan oleh efek lanjutan refluks asam atau GERD.

5. Sembelit

Obat Sembelit yang Ampuh dan Aman Digunakan - Alodokter
Ilustrasi Sembelit

Tidur sesaat setelah makan dapat menyebabkan sembelit sebab makanan tidak dicerna dan diserap dengan baik, sehingga memungkinkan Anda kehilangan nutrisi
Biasanya, pengosongan lambung manusia membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam setelah makan. Posisi berbaring atau tiduran dapat menghambat proses pengosongan lambung.
Jika ini terus terjadi bisa memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. 

6. Serangan jantung

Bagaimana Cara Tangani Serangan Jantung bagi Pemula? | Republika Online
Ilustrasi Serangan Jantung

Langsung tidur setelah sahur dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.
Kebiasaan langsung tidur setelah makan ternyata punya dampak yang sama buruknya dengan meluapkan emosi yang meledak-ledak, mengutip ScienceDaily.
Menurut penelitian, orang yang makan berat dan langsung tidur kurang dari dua jam saja 2,8 kali lebih mungkin mengalami peningkatan tekanan darah sepanjang malam karena tidur setelah sahur.

(CNNIndonesia/RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.