Keutamaan dan Keistimewaan Ramadan bagi Umat Islam

Lintas7news.com – Ramadan merupakan bulan suci istimewa penuh kemuliaan serta keberkahan yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Terlebih, ada banyak keutamaan dan keistimewaan Ramadan, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri meningkatkan keimanan.

Selain berpuasa, setiap umat Islam dianjurkan melakukan amalan-amalan kebaikan karena ganjarannya berupa pahala yang berlipat ganda.

Keutamaan Ramadan

Keutamaan bulan Ramadan bagi umat Islam.

Terdapat poin-poin tentang keutamaan bulan Ramadan, sebagaimana telah disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sabda berikut:

رَمَضَانُ شَهْرُ اللهِ وَفَضْلُهُ عَلَى سَائِرِ الشُهُوْرِ كَفَضْلِ اللهِ عَلَى خَلْقِهِ

Artinya: Ramadan adalah bulan Allah. Keutamaannya dibanding bulan-bulan lain adalah bagaikan keutamaan Allah dibanding dengan makhluk-Nya. (Syekh Nashr ibn Muhammad as-Samarqandi, Tanbihu-i Ghafilin fi Ahaditsi Sayyidil-I Anbiyai wal Mursalin, Daru-I Kutubi-I Ilmiyyah, h.186).

Setidaknya terdapat 3 keutamaan bulan Ramadan yang tak dimiliki bulan-bulan lainnya.

1. Pahala berlipat ganda

Keutamaan pertama bulan Ramadan yaitu ada banyak pahala berlipat ganda dari Allah untuk diberikan kepada umatnya yang melaksanakan ibadah kebaikan.

Allah berfirman dalam hadis Qudsi, “Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya kepada orang-orang yang telah menahan syahwat, makan, dan minum karena -Ku.”

2. Doa-doa terkabul

Selain keberkahan pahala, bulan Ramadan merupakan momen terbaik untuk memperbanyak doa karena peluang terkabulnya cukup besar.

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi. (HR.Tirmidzi: HR.Hasan).

3. Bulan Ramadan bagian dari rukun Islam

Puasa Ramadan merupakan rukun Islam di antara kewajiban yang Allah wajibkan. Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa termasuk ke dalam bagian rukun Islam yang keempat. Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan berhaji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Keistimewaan bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Berikutnya masih tentang keutamaan dan keistimewaan Ramadan. Berikut keistimewaan bulan Ramadan yang perlu diketahui.

1. Ramadan menjadi bulan pengampun dosa

Dijelaskan dalam khotbah tersebut bahwa salah satu keistimewaan Ramadan yaitu bulan penuh ampunan untuk menghapus dosa-dosa yang sebelumnya pernah kita lakukan.

Seorang Muslim yang berpuasa secara ikhlas, menahan panas, lapar dan haus, maka panasnya berpuasa itu menjadi simbol untuk membakar dosa-dosanya.

2. Diturunkannya Alquran

Ramadan merupakan bulan diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi umat Islam, bahkan di dalamnya terdapat malam lailatul qadar yaitu malam terbaik dari seribu bulan.

Keistimewaan ini ada dalam firman Allah, “Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah berpuasa.” (QS.Al-Baqarah, Ayat 2: 185).

3. Pintu surga terbuka

Bulan suci Ramadan penuh kemuliaan dan keberkahan menjadi pertanda seluruh pintu-pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup, bahkan setan-setan dibelenggu.

Selain itu, Allah juga menjaga manusia supaya terhindar dari perilaku tercela dan keji, sehingga lebih banyak menjalankan amalan kebaikan untuk menghapus dosa.

Keutamaan dan keistimewaan Ramadan tentunya hanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang-orang yang menjalani puasa dalam keadaan beriman dan ihtisab, yaitu mengharap rida Allah SWT.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.