Tips Kencangkan Kulit Kendur Setelah Turun Berat Badan

Lintas7News.com – Anda mungkin mendapati beberapa bagian kulit tubuh yang mengendur setelah berhasil menurunkan beberapa kilogram berat badan. Lengan, perut, dan bagian paha biasanya menjadi bagian yang terlihat tidak kencang atau bergelambir.

Pada sejumlah orang, kulit kendur bisa membuat kehilangan rasa percaya diri karena merasa terlihat keriput dan tidak menarik. Apa penyebab kulit kendur setelah diet menurunkan berat badan dan bagaimana mengencangkan kembali?

Sebagaimana dilansir Healthline, kulit terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. Kolagen, yang membentuk 80 persen struktur kulit Anda, memberikan kekencangan dan kekuatan. Elastin memberikan elastisitas dan membantu kulit tetap kencang.

Selama penambahan berat badan, kulit mengembang. Ketika kulit meregang secara signifikan untuk jangka waktu yang lama, serat kolagen dan elastin menjadi rusak. Makanya, saat Anda kehilangan banyak berat badan, kulit menjadi kendur dan semakin besar penurunan berat badan, semakin jelas efek kulit kendur ini.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Meski demikian Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kulit kendur setelah berat badan turun. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Latihan kekuatan tubuh

Membangun massa otot dengan cara latihan kekuatan tubuh adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kulit yang kendur setelah berat badan turun.

Ada kemungkinan, peningkatan massa otot dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang kendur.

2. Konsumsi kolagen

Kolagen hidrolisat sangat mirip dengan gelatin. Ini adalah bentuk olahan dari kolagen yang ditemukan di jaringan ikat hewan. Penelitian menunjukkan bahwa kolagen hidrolisat mungkin memiliki efek perlindungan pada kolagen kulit.

Dalam sebuah penelitian, elastisitas kulit, bersama dengan tekstur dan hidrasi meningkat secara signifikan setelah 12 minggu mengonsumsi suplemen kolagen cair. Minuman itu juga mengandung vitamin C dan E, serta biotin dan seng.

Sumber kolagen populer lainnya adalah kaldu tulang yang juga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

3. Konsumsi makanan diet seimbang

Makan makanan yang kaya protein tanpa lemak dapat membantu Anda menghindari kehilangan otot dan membangun otot baru. Menurut Very Well Health, makan protein setelah latihan kekuatan bisa membantu membangun otot.

4. Krim pengencang

Anda bisa mencari beberapa krim pengencang di apotek atau toko obat-obatan tertentu. Klaim ini memang belum dibuktikan oleh penelitian. Hal yang penting adalah selalu periksa sebelum mencoba produk kulit baru dan coba konsultasikan dengan dokter.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.