Penderita Darah Tinggi Wajib Tau Ini

Lintas7News.com – Studi terbaru menemukan manfaat buah kiwi untuk darah tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Blood Pressure ini menganalisis efek buah kiwi pada 118 orang yang memiliki hipertensi stadium satu selama delapan minggu. Peneliti lalu membandingkan tekanan darah tersebut.

Hasilnya, orang yang makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Manfaat ini berlaku baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Peneliti bahkan menyebut manfaat konsumsi buah kiwi ini lebih baik dari pada konsumsi apel setiap hari.

“Di antara pria dan wanita dengan tekanan darah yang cukup tinggi, asupan tiga buah kiwi dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik 24 jam yang lebih rendah dibandingkan dengan satu apel sehari,” kata peneliti.

Peneliti menjelaskan manfaat ini didapat dari zat bioaktif yang terdapat dalam kiwi. Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi dan lutein yakni antioksidan yang kuat. Dua kandungan ini dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

“Efeknya mungkin diatur oleh mekanisme selain peningkatan fungsi endotel,” kata peneliti.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Selain untuk tekanan darah tinggi, studi lain menunjukkan buah kiwi mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Anda bisa memasukkan konsumsi buah kiwi dalam menu harian. Selain itu, untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah terapkan pula gaya hidup sehat seperti makanan bergizi seimbang, berolahraga, tidur yang cukup dan mengelola stres. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi konsultasikan juga dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.