Lintas7News.com – Bisa membaca pikiran merupakan salah satu kemampuan yang didambakan hampir setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya segelintir yang dipercaya memiliki intuisi yang kuat untuk membaca pikiran orang lain.

Anda tidak perlu khawatir, karena membaca pikiran sebenarnya bisa dilakukan dengan mempelajari bahasa tubuh atau yang biasa disebut dengan body language.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – 55 persen informasi bisa didapatkan dari komunikasi non verbal. Seorang ahli bahasa tubuh Australia, Allan Pease bahkan mengatakan bahwa gerakan tubuh bisa memberitahu tentang apa yang sebenarnya sedang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain.

Berikut enam tanda bahasa tubuh untuk bantu membaca pikiran orang lain.

1. Menutup mata

Bahasa tubuh pertama yang bisa dibaca adalah dari gerakan menutup mata yang dilakukan seseorang ketika berbicara dengan orang lain.

Menutup mata bisa menjadi pertanda bahwa merasa bosan dengan pembicaraan yang sedang terjadi sehingga ia menutup mata dengan harapan tidak melihat lagi orang yang sedang berbicara dengannya.

2. Menutup Mulut dengan Tangan

Selanjutnya ialah gerakan menutup mulut dengan tangan. Baik itu menggunakan telapak tangan, maupun dengan beberapa jari berupa kepalan tangan di dekat mulut.

Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengontrol diri agar tidak melepaskan kata-kata yang tidak ingin diucapkan. Terkadang, gerakan ini sering disamakan dengan pura-pura batuk.

3. Menggigit Tangkai Kacamata

Pernah melihat gerakan seperti ini pada seseorang? Jika ya, maka berdasarkan bahasa tubuhnya tersebut mereka sedang mengkhawatirkan sesuatu di alam bawah sadarnya.

Dengan gerakan tersebut, mereka mencoba untuk merasa aman. Selain menggigit lengan kacamata, tindakan lainnya seperti mengunyah permen karet, menggigit pensil ataupun pena juga bisa berarti yang sama.

4. Menggosok Dagu

Gerakan ini biasanya ditunjukkan ketika seseorang ingin membuat keputusan. Biasanya mereka juga akan melihat ke berbagai arah, termasuk ke arah samping, atas, bawah dan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan pula bahwa mereka bahkan tidak tahu apa yang sedang mereka lihat karena sedang tenggelam dalam pikirannya.

5. Lengan Bersilang

Gerakan ini sudah cukup populer dan cukup sering dilihat. Tidak heran jika banyak orang yang merasa nyaman dengan posisi ini.

Ternyata, gerakan ini bisa berarti bahwa seseorang mencoba untuk menutup dirinya dari orang lain. Selain itu, gerakan ini juga bisa digunakan untuk menutupi kekesalan terhadap sesuatu hal.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.