Pembentukan Komisi Pembersihan Berkarakter Buruk Oleh Taliban

Lintas7News.com – Taliban membentuk komisi untuk membersihkan ‘orang-orang berkarakter buruk’ di dalam kelompok mereka demi melindungi reputasi Afghanistan.

“komisi untuk pemurnian” ini dibentuk di bawah Kementerian Pertahanan Afghanistan yang dikepalai oleh Mullah Yaqoob, anak dari pendiri Taliban, Mullah Omar.

“Kami mengetahui bahwa orang dengan karakter buruk memasuki jajaran (Taliban) dan menyebabkan reputasi buruk untuk Negara Emirat Islam (Afghanistan) dan bertindak berdasarkan kepentingan mereka,” ujar Menteri Dalam Negeri Afghanistan era Taliban, Sirajuddin Haqqani.

Ia kemudian berkata, “Ini merupakan permintaan rendah hati dari kami yang berharap harus ada sedikit orang yang tulus dan bersih sehingga gerakan ini tidak rusak.”

Tak hanya itu, Haqqani juga mengatakan pembentukan komisi ini sangat dibutuhkan.

“Saya meminta anggota kami untuk bekerja sama dengan komisi ini dan tak melindungi atau mendukung siapapun yang memiliki karakter buruk hanya karena pertemanan personal dengan orang itu,” tutur Haqqani.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Pembentukan komisi ini dianggap sebagai indikasi upaya Taliban untuk mengubah kedudukannya dari gerakan gerilya menjadi kelompok yang mengatur pemerintahan sipil.

Komisi ini dibentuk setelah sejumlah unggahan di media sosial menunjukkan banyak orang yang mengaku sebagai bagian dari kelompok Taliban. Mereka melakukan serangan terhadap masyarakat sipil dan mantan anggota pasukan keamanan juga pemerintahan sebelumnya.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.