Beberapa Olahan Berbahan Dasar Wortel

Lintas7News.com – Sayur-sayuran salah satunya wortel baik dimasukkan ke dalam diet harian. Wortel merupakan sumber vitamin A yang baik untuk tubuh.

Di samping itu, wortel juga menyediakan kebutuhan serat, karbohidrat, juga mineral lain.

Wortel bisa diolah dengan berbagai cara menjadi beragam masakan. Jika selama ini Anda terjebak pada menu sop saja, saatnya mengintip rekomendasi berikut agar olahan wortel tidak membosankan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Berikut lima resep olahan wortel selain sebagai sayur sop.

1. Wortel panggang

Tak hanya kentang, wortel pun bisa dipanggang. Caranya pun tidak jauh berbeda untuk memanggang sayuran lain.

Sebagaimana dilansir Spend with Pennies, siapkan wortel, minyak zaitun, garam, dan lada. Setelah dicuci dan dikupas, potong memanjang untuk wortel berukuran sedang hingga besar.

Namun untuk baby carrot yang berukuran mini, tidak perlu dipotong-potong.

Sembari memanaskan oven di suhu 425 derajat Fahrenheit atau sekitar 218 derajat Celsius, tata wortel pada pan tahan panas.

Tuang minyak zaitun sampai seluruh wortel dilapisi minyak lalu taburkan garam dan lada giling. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.

Jika ingin wortel panggang dengan rasa pedas, tambahkan bubuk cabai bersama dengan taburan garam dan lada. Untuk rasa rempah dan manis, selain garam dan lada berikan bubur jahe, kayu manis dan pala.

2. Tumis wortel

Salah satu cara paling sehat dan cepat mengolah wortel adalah teknik tumis. Sebagaimana dilansir Well Plated, olahan tumis hanya memerlukan sedikit butter (unsalted butter), minyak kelapa atau minyak zaitun.

Untuk memberikan rasa bisa ditambah garam dan lada. Namun ada pula yang menggunakan satu sampai dua siung bawang putih yang dimemarkan.

Terlebih dahulu cuci, kupas dan potong-potong wortel menjadi ukuran kecil dan dengan ketebalan kurang lebih sama. Siapkan mangkuk, taruh wortel dan tuang minyak zaitun secukupnya. Pastikan minyak melumuri wortel hingga rata.

Kemudian panaskan wajan, masukkan sedikit butter dan bawang putih yang sudah dimemarkan. Setelah wangi, masukkan wortel. Aduk sebentar dan tumis wortel siap disajikan.

3. Carrot tartar

Wortel pun bisa dijadikan camilan. Wortel sudah memiliki rasa manis alami sehingga tidak perlu diberi bumbu apapun. Anda tinggal membuat saus sebagai dressing atau cocolan.

Saus tartar bakal pas dipasangkan dengan wortel yang sudah dipotong-potong dan dikukus. Membuat saus tartar cukup memerlukan mayones, air lemon, acar manis, garam, lada dan bawang bombai cincang.

4. Sup wortel dan roti panggang

Wortel yang dihaluskan atau puree tak hanya untuk anak-anak. Buat orang dewasa, sup wortel cocok disantap bersama roti panggang.

Menurut Simply Recipes, sup praktis dibuat. Selain wortel, Anda memerlukan bawang bombai, bawang putih, thyme, kaldu, garam, lada putih dan sedikit krim.

Tumis bumbu-bumbu bersama kaldu, baru masukkan wortel. Pindahkan ke dalam food processor untuk dihaluskan.

5. Jus wortel-tomat-jeruk

Cara menyenangkan untuk mengonsumsi sayur adalah diolah menjadi jus. Namun membayangkan jus wortel saja rasanya sudah tidak karuan.

Untuk menyiasatinya, berikan campuran tomat dan jeruk peras untuk memberikan rasa manis asam menyegarkan.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.