Pasukan Elite 313 Taliban Setara Dengan Tentara AS

Lintas7News.com – Media sosial sempat diramaikan dengan klaim Taliban yang memiliki pasukan khusus di Afghanistan. Adalah Badri 313, yang dipamerkan Taliban melalui media sosial sebagai pasukan khusus mereka. ‘Pasukan elite’ Badri 313 ini pun diklaim setara tentara Amerika Serikat.

Para pasukan khusus tersebut mengenakan perlengkapan yang mirip-mirip dengan pasukan Amerika Serikat. Tentu saja hanya corak loreng-loreng yang membedakan antara tentara itu dengan pasukan AS.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Para pasukan ini tak lagi menenteng senapan peninggalan Uni Soviet AK-47. Pasukan khusus Taliban Badri 313 kini memperlihatkan senapan buatan AS M4. Beberapa di antara mereka juga mengenakan perlengkapan buatan AS seperti  alat bantu pengelihatan saat gelap goggle, teropong senapan yang cukup canggih, helm tempur, dan rompi anti-peluru.

Tampilan itu jauh berbeda dibandingkan para milisi reguler Taliban yang biasa mengenakan turban di kepala dan pakaian tradisional pria di pegunungan Afghanistan.

Pamer pasukan Badri 313 di media sosial itu pun disebut-sebut sebagai bagian dari propaganda Taliban.

Pengamat militer AS Matt Henman menilai,  Taliban yang kembali menguasai Afghanistan itu ingin memberikan kesan bahwa mereka telah dilengkapi peralatan dan persenjataan yang sangat canggih.

“Badri 313 seperti ingin merepresentasikan pasukan dengan pelatihan dan perlengkapan terbaik di dalam Taliban. Meski demikian sepertin yang bisa kita duga bahwa ada sesuatu yang dibuat sensasional dalam propaganda.” ujar Henman.

Salah seorang pengamat dengan nama samaran Calibre Oscure menilai kemampuan pasukan khusus Taliban ini tetap tak bisa dibandingkan pasukan elite dari negara-negara barat, bahkan India dan Pakistan. Meski demikian, mereka diperkirakan memiliki kemampuan tempur yang lebih efektif ketimbang pasukan reguler Taliban.

“Mereka juga lebih dari standar pasukan nasional Afghanistan,” ujarnya.

Badri juga disebut-sebut mendapatkan pelatihan dari jaringan Haqqani, penyokong utama Taliban yang paling brutal dan ditakuti. Berada di Afghanistan sebelah timur, para anggota jaringan Haqqani mulai sering muncul belakangan ini.

Badri 313 dinamakan dari peristiwa perang besar 1.400-an tahun lalu. Perang antara kaum muslim pengikut nabi Muhammad dengan kaum non-muslim Quraisy itu dinamakan Perang Badar (Badri).

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.