Lintas7News.com – Sejumlah olahraga tak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga kesehatan otak. Anda bisa melakukan olahraga yang baik untuk otak agar otak tetap sehat dan mampu berfungsi optimal.

Otak adalah sistem saraf pusat yang berperan penting dalam kendali tubuh. Sistem saraf inilah yang membuat manusia mampu melakukan berbagai aktivitas seperti berpikir, mengingat, berjalan, bernapas, dan lainnya. Otak juga berperan dalam mengirim sinyal agar organ di dalam tubuh bekerja dengan baik.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Anda bisa meningkatkan kesehatan otak dengan melakukan aktivitas fisik. Penelitian menunjukkan aktivitas fisik mampu menjaga otak tetap sehat dan bekerja maksimal.

Berikut olahraga yang baik untuk otak:

1. Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang baik untuk otak.

Berlari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Studi pada 2016 menunjukkan berlari dikaitkan dengan pertumbuhan sel-sel otak baru di bagian hipokampus. Bagian ini berperan penting dalam membentuk ingatan.

Regenerasi sel baik untuk menjaga otak tetap sehat.

2. Sepeda

Studi menunjukkan bersepeda dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga pertumbuhan otak pun menjadi optimal. Bersepeda di alam bebas juga mampu membuat otak lebih tenang.

3. Berenang

Berenang dapat meningkatkan kerja jantung, paru-paru, dan darah untuk mengangkut oksigen. Alhasil, pasokan darah dan oksigen ke otak juga semakin meningkat.

Selain itu, tekanan air saat berenang membantu mengaktifkan saraf-saraf halus di seluruh tubuh sehingga mampu meningkatkan kinerja otak.

4. Yoga

Yoga merupakan latihan intensitas rendah yang baik untuk tubuh dan pikiran. Peneliti Harvard mendapati rutin olahraga yoga dan tai chi dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Latihan yoga membuat orang lebih tenang dan fokus. Otak pun dapat bekerja dengan optimal.

5. Menari

Menari seperti dansa, zumba, dan salsa juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Olahraga ini melatih koordinasi dan meningkatkan fungsi kardiovaskular sehingga menunjang kerja otak.

Itulah olahraga yang baik untuk kesehatan otak. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk olahraga minimal 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu dengan intensitas ringan-sedang.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.