Lintas7News.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tanaman porang memiliki potensi ekonomi. Selain nilai ekonomis, tanaman porang juga punya ragam manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat tanaman porang.

Porang pada dasarnya termasuk jenis umbi-umbian dalam spesies Amorphophallus muelleri blume. Porang banyak tersebar di Pulau Jawa, karena kontur tanah dan iklim di wilayah Jawa paling cocok untuk pertumbuhannya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Glukomanan jadi salah satu nutrisi penting porang dan diperlukan tubuh. Industri pangan dan obat-obatan pun memanfaatkan porang.

Berikut lima manfaat porang untuk kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat ini bisa Anda peroleh dari konsumsi porang. Komponen glukomanan bisa mengurangi kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama daripada sumber pangan lain.

2. Baik untuk diet

Sebagaimana dilansir Tanobat, tiap 100 gram porang hanya mengandung 3 kalori. Konsumsi porang tidak akan merusak program penurunan berat badan.

3. Aman untuk penderita diabetes

Porang biasanya diolah menjadi tepung rendah kalori dan aman dikonsumsi baik saat diet atau buat penderita diabetes karena rendah indeks glikemik.

4. Baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh

Porang kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh. Masalah pencernaan pun bisa dicegah semisal konstipasi hingga kanker usus besar.

5. Bahan industri pangan dan obat-obatan

Dalam industri obat-obatan manfaat porang digunakan sebagai pembentuk kapsul pada obat.

Kemudian di Filipina, porang digunakan untuk pengganti terigu dan bahan baku roti karena rasanya netral. Di Jepang, porang digunakan untuk campuran mi shirataki.

Demikian manfaat tanaman porang untuk kesehatan, simak fakta terkait tanaman porang di sini.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.