Lintas7News.com – Makan adalah cara untuk mendapatkan energi dan nutrisi bagi tubuh. Namun, kebiasaan makan yang salah justru dapat memicu penyakit. Sejumlah penyakit yang dapat muncul di antaranya obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Kebiasaan makan ini seringkali dilakukan tanpa disadari. Ubah kebiasaan makan yang salah agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang optimal saat makan.

Berikut 7 kebiasaan makan yang salah:

1. Makan terburu-buru

Salah satu kebiasaan makan yang salah dan dapat memicu penyakit adalah makan dengan terburu-buru.

Setiap orang direkomendasikan untuk makan dengan tenang. Kunyah makanan hingga benar-benar lumat untuk memudahkan pencernaan di dalam perut.

Makan terburu-buru berisiko menyebabkan tersedak. Tersedak dapat menutup saluran udara yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

2. Kurang sayur dan buah

Kebiasaan makan yang salah berikutnya adalah kurang atau bahkan tidak makan sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurang sayur dan buah dapat menurunkan daya tahan tubuh. Studi juga menunjukkan orang yang lebih sedikit makan sayur dan buah lebih berisiko terkena penyakit jantung dan kanker.

3. Konsumsi makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji kerap jadi pilihan bagi banyak orang. Padahal, makanan ini dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti obesitas, diabetes, dan kanker.

Makanan cepat saji telah melalui proses pengolahan yang panjang. Proses ini membuat nutrisi berkurang. Selain itu, jenis makanan ini juga kaya lemak.

4. Tidak minum air yang cukup

Banyak orang makan tidak diiringi dengan minum air yang cukup. Air membantu proses pencernaan bekerja lebih optimal untuk melunakkan makanan.

Kurang air dapat berisiko menyebabkan dehidrasi dan memperlambat proses pencernaan.

5. Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur dapat memicu sejumlah penyakit seperti kenaikan asam lambung atau GERD. Beri jeda 2-3 jam sebelum berbaring agar makanan dicerna dengan baik terlebih dahulu.

6. Makan sambil berdiri

Makan sambil berdiri juga dapat menganggu pencernaan. Selain itu, studi menunjukkan orang yang makan sambil berdiri makan 30 persen lebih banyak dibandingkan makan sambil duduk.

7. Konsumsi gula, garam, lemak berlebih

Salah satu kebiasaan makan yang salah dan dapat memicu penyakit adalah mengonsumsi banyak makanan mengandung gula, garam, dan lemak.

Banyak orang tak memperhatikan asupan gula, garam, dan lemak yang dikonsumsi.

Makan makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Itulah 7 kebiasaan makan yang salah dan dapat memicu penyakit. Hindari kebiasaan makan ini. Sebaiknya, makanlah dengan tenang. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi dan seimbang.

(CNNIndonesia/RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.