Usai Raih Emas Juara Dunia, Veddriq Leonardo Positif Covid-19

Lintas7News.com – Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, dikonfirmasi positif Covid-19 usai meraih medali emas pada ISFC Climbing World Cup Villars di Swiss, Sabtu (3/7) lalu.

Kabar tersebut disampaikan langsung Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid, Selasa (6/7). Yenny mengatakan dari 16 orang kontingen yang berangkat ke Swiss, empat di antaranya dinyatakan positif Covid-19, salah satunya adalah Veddriq yang merupakan pencetak rekor dunia panjat tebing nomor speed putra saat ini.

“Saya baru saja dapat kabar atlet panjat tebing Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa usai mendapatkan medali emas dan perunggu pada Kejuaraan Dunia di Swiss ternyata terkena Covid-19,” kata Yenny Wahid.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Saat ini Veddriq dan tiga anggota kontingen panjat tebing yang positif Covid-19 telah menjalani isolasi mandiri di Zurich, Swiss, sebelum dinyatakan negatif dan bisa kembali ke Indonesia. Tidak disebutkan tiga anggota lain yang dinyatakan positif Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora dan Kemenlu yang telah membantu proses karantina mereka di Zurich saat ini, di mana mereka harus menetap selama 14 hari ke depan. Kami juga mohon doa agar yang sakit dapat segera pulih dan rombongan seluruhnya dapat kembali ke Indonesia dengan selamat,” ucap Yenny.

Yenny juga sempat melakukan sambungan telepon dengan Veddriq yang sedang menjalani karantina. Dalam mpembicaraan tersebut Yenny menanyakan kronologi empat anggota rombongan panjat tebing Indonesia bisa terpapar virus corona.

“Kira-kira kena [Covid-19] di mana, di venue?” tanya Yenny kepada Veddriq.

“Enggak tahu, Bu. Bisa jadi [di venue]. Tapi kan kami enggak bersentuhan, Bu. Kami tetap pakai masker,” jawab Veddriq.

Veddriq mengalahkan wakil Rusia, Dmitrii Timofeev, di babak final ISFC Climbing World Cup 2021. Ia menjadi yang terbaik usai mencatatkan waktu 5,329 detik, sedangkan Timofeev menorehkan waktu 7,35 detik.

Meski belum memecahkan rekor yang dipegangnya sendiri, Veddriq mengaku senang bisa kembali meraih juara dan mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Catatan itu tidak lebih baik dari yang dibuatnya di IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (USA) 2021, 29 Mei 2021, yakni 5,208 detik.

“Saya sangat senang dengan kemenangan ini walau di sini sangat dingin. Pertandingan kali ini adalah pertandingan yang menantang,” kata Veddriq usai meraih kemenangan.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.