Warga Desa Kalipucung Bersama Perangkat Desa Gelar Ujub Dan Doa Bersama. (Foto)

Lintas7news.com, Blitar – Bersih Desa merupakan tradisi turun temurun setiap tahun yang ada di Desa Kalipucung Kecamatan Sanan Kulon, meski dalam situasi pademi Covid-19, kegiatan bersih desa tetap di gelar di Balai Desa, namun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggelar semaan Al Qur’an dan ditutup dengan acara Langen Bejan Tayub, Jumat (18/6/2021).

“Sebelumnya sudah mulai sejak kamis pagi, kamis malam, jumat pagi, siang dan sore ini, Langen Bejan Tayub merupakan tradisi wajib bagi Desa Kalipucung karena ini merupakan mitos dan harus di lakukan.

“Dengan harapan adanya Langen Bejan Tayub ini warga masyarakat Desa Kalipucung aman tentram damai dan kondusif selama lamanya selamat dunia akhirat,” Kata Kepala Desa Kalipucung, Tri Haryono.

Kegiatan pertama pada kamis pagi semaan alquran, dilanjutkan sore tahlilan, jumat pagi nyadran di tiga titik itu, petilasan Eyang Rancang Senggojo atau mbah Dermosari, pendiri atau yang babat cikal bakal Desa Kalipucung, setelah itu siang di lanjutkan ujuban di hadiri beberapa warga beserta siraman jamasan ketongan di dua titik. Di rumah kepala desa dan balai Desa Kalipucung

“Dilanjutkan ujuban yaitu masyarakat membawa ambeng Masing-masing jadi di makan bersama dengan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan dengan semoga harapan yang di beri keselamatan dunia dan akhirat. Jadi kami berdoa bersama sama mohon ridho Allah SWT, Kalipucung kecamatan sanankulon di jauhkan dari segala macam bala, Virus Corona agar sirna dari bumi ibu pertiwi dan sore dilanjutkan sebagai puncak acara Langen Besan Tayub khususnya Gending Gogomino wajib bagi masyarakat Kalipucung untuk melakukan Gending Gogomino itu,” Ucapnya.(PA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.