Bukan Karena Hubungan Buruk RI Batalkan Haji

Lintas7News.com – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan menegaskan bahwa pemerintah RI membatalkan pemberangkatan haji bukan hubungan kedua negara yang kurang baik.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia,” ujar Al-Thaqafi.

Ia juga menegaskan bahwa pembatalan ini tak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19 yang digunakan Indonesia.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Belakangan, memang sempat muncul kekhawatiran karena Saudi hanya memperbolehkan negara pemakai vaksin tertentu, dan di dalamnya tak termasuk Sinovac.

“Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” tutur Al-Thaqafi.

Al-Thaqafi kemudian menegaskan bahwa hingga saat ini, Saudi sendiri belum mengumumkan detail penyelenggaraan haji 2021.

Ia mengatakan bahwa sampai sekarang, Saudi juga belum mengirimkan undangan haji ke negara mana pun, tidak hanya Indonesia,

“Ini tidak lain karena jika dilaksanakan, ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” demikian kutipan siaran pers MUI.

Saudi dikabarkan baru akan mengumumkan detail penyelenggaraan haji 2021 dalam beberapa hari ke depan.

Menteri Media Saudi, Majid Al-Qasabi, mengatakan bahwa Saudi masih menyelesaikan penilaian mengenai tantangan yang akan dihadapi penyelenggaraan ibadah haji karena Covid-19.

“Kami tidak ingin haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit di Kerajaan atau di dunia Muslim,” kata Al Qasabi dalam konferensi pers di Riyadh, seperti dikutip Arab News, Minggu (6/6).

Ia juga mengatakan bahwa Saudi tengah menindaklanjuti perkembangan pandemi Covid-19. Menurutnya, menteri haji dan umrah dan menteri kesehatan akan segera mengumumkan keputusan soal ibadah haji 2021 dalam waktu dekat.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.