Pengen Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Berikut

Lintas7News.com – Penuaan terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, sejumlah kebiasaan yang dilakukan bisa membuat awet muda dan menghambat penuaan.

Kebiasaan-kebiasaan ini merupakan aktivitas yang berkaitan dengan gaya hidup sehat. Anda bisa mulai melakukannya secara rutin agar tampak lebih muda dan segar.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Berikut lima kebiasaan yang bikin awet muda.

1. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur terbukti membantu awet muda. Studi dari McMaster University menunjukkan orang yang berusia 40 tahun dan rajin berolahraga memiliki kulit yang mirip dengan orang yang berusia 20 tahun.

Olahraga menciptakan hormon dan zat yang dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit. Olahraga juga membantu meredakan stres, salah satu faktor utama penuaan.

Setiap orang direkomendasikan untuk berolahraga rutin 150 menit setiap minggu atau sekitar 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

2. Nutrisi yang sehat dan seimbang

Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang juga bikin awet muda. Berbagai studi menunjukkan konsumsi buah dan sayuran dapat membuat kulit lebih halus.

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan sel.

Selain nutrisi yang sehat, hindari pula mengonsumsi makanan olahan serta makanan tinggi gula, garam, dan lemak karena dapat mempercepat penuaan.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup setiap hari juga dapat menghambat penuaan. Saat tidur, tubuh meregenerasi sel dengan sel-sel baru.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan peradangan sel di berbagai organ sehingga menyebabkan penuaan lebih cepat terjadi.

Setiap orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap hari secara teratur.

4. Minum air putih yang cukup

Minum air yang cukup setiap hari dapat membantu membuat kulit lebih segar dan memperlambat penuaan. Kurang minum air putih juga dapat memicu peradangan yang mempercepat penuaan.

Setiap orang dewasa direkomendasikan minum air putih 2 liter setiap hari. Hindari pula mengonsumsi air dengan gula tambahan dan minuman bersoda karena bisa mempercepat penuaan.

5. Mengelola stres

Mengelola stres merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat awet muda. Stres dapat meningkatkan hormon peradangan sehingga merusak sel tubuh dan mempercepat penuaan.

Oleh karena itu, kelola stres dengan baik agar tetap awet muda. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengelola stres. Kelola stres dengan cara yang Anda sukai, misalnya berkumpul atau bercerita dengan orang yang disayangi, melakukan hobi, dan berlibur.

Itulah kebiasaan yang bikin awet muda dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.