Drone China di Laut China Selatan Diancam Akan Ditembak Jatuh Oleh Taiwan

Lintas7News.com – Pesawat China diancam akan ditembak jatuh oleh Taiwan jika mereka terbang terlalu dekat.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dewan Urusan Kelautan Taiwan Lee Chung-wei merujuk pada manuver drone China yang mengitari Kepulauan Pratas yang dikendalikan Taipei di Laut China Selatan.

Lee mengatakan bahwa mereka baru-baru ini melihat pesawat tak berawak China mengelilingi Pratas, meskipun belum terbang di atas pulau-pulau itu.

“Mereka tidak pernah memasuki perairan dan wilayah udara kami yang dibatasi, mereka hanya terbang di sekitar mereka pada jarak tertentu,” kata Lee saat berbicara di parlemen, Rabu (7/4).

Meskipun China tidak mengakui klaim kedaulatan Taiwan, pesawat dan kapalnya umumnya berada di luar zona terlarang Taiwan, yang membentang sejauh 6 km dari pantainya.

Menurutnya, Penjaga Pantai akan bereaksi sesuai aturan jika pesawat tak berawak China memasuki zona terlarang itu.

“Setelah masuk itu akan ditangani sesuai aturan. Kalau perlu kita tembak.”

Kepulauan Pratas terletak di ujung atas jalur air yang disengketakan, dan telah menjadi sumber perselisihan yang relatif baru antara Taiwan dan Beijing.

Taiwan mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekat wilayah mereka dalam beberapa bulan terakhir. China meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas pulau yang dikelola secara demokratis itu.

Selama 8 hari kedepan Taiwan telah berencana menggelar simulasi perang dengan bantuan computer pada bulan ini. Simulasi ini membuka fase pertama latihan militer terbesar Taiwan tahun ini yang disebut Operasi Han Kuang.

Simulasi perang ini digelar setelah China mengatakan sebuah kapal induknya sedang melakukan latihan di perairan dekat Taiwan. Beijing menegaskan latihan semacam itu akan menjadi rutinitasnya.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.