Gejala Kucing Kutuan dan Cara Mengusirnya Dengan Mudah

Jakarta – Kutu merupakan parasit kecil dan tak bersayap yang kerap ada rambut. Dia mudah menyebar dalam tubuh atau pakaian dan menyebabkan dermatitis (merah, gatal, bengkak) sehingga menimbulkan penyakit kutu. Tidak hanya menyerang bagian rambut dan tubuh manusia, kutu juga bisa muncul di tubuh-tubuh binatang seperti kucing.

Dilansir dari Liputan6.com (11/11/2020) Jika kucing terlihat tidak nyaman dan terus-menerus menggaruk tubuhnya, bisa jadi dia terserang kutu. Jangan anggap remeh hal itu, terlebih jika kamu kerap berinteraksi, bermain, dan memeluk kucing karena bisa jadi kutu tersebut berpindah ke kamu.

Berikut ini gejala kucing kutuan dikutip dari petcentral.chewy :

  1. Menggaruk dan menjilati tubuh secara terus menerus
  2. Bulu-bulu rontok
  3. Lemas, pucat dan lesu
  4. Kucing kerap gelisah dan tidak tenang
  5. Kulit merah dan muncul benjolan
  6. Muncul Bintik-bintik kecil di tubuhnya
  7. Muncul bintik atau noda merah di alas tidur kucing
  8. Terlihat ada serangga kecil yang merayap di bulu kucing.

Untuk mencegah kucing kutuan, kamu harus rutin memandikan kucing dan menggunakan shampo khusus kucing. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak telon atau kayu putih. Walaupun kucing tidak menyukai aroma minyak tersebut, namun itu adalah pengobatan paling mudah dan aman.

Oleskan minyak telon atau kayu putih secukupnya pada bagian yang sering digaruk oleh kucing seperti leher, ketiak, atau tengkuk. Sedikit saja, supaya kucing tidak kepanasan dan mencegah dijilat oleh kucing.

Walaupun mudah, cara ini sebaiknya dilakukan saat keadaan darurat, seperti kondisi dimana kita belum bisa keluar rumah atau pergi ke tempat umum. Jika ditemukan kondisi yang parah seperti kulit memerah, banyak bulu rontok, dan muncul bintik-bintik merah segera konsultasikan ke dokter hewan agar lebih tenang.

Selain cara menghilangkan kutu kucing yang telah dijelaskan di atas, kamu juga perlu melakukan tindakan manual seperti menyisir bulu kucing. Menyisir bulu kucing, terutama dengan sisir khusus kucing dapat membantu mengentaskan sisa-sisa kutu yang masih tersisa di tubuh kucing. Berbeda dengan kegiatan memandikan kucing, aktivitas menyisir kucing bisa dilakukan serutin mungkin agar kucing makin bersih.

Selamat mencoba dan ingatlah untuk memberikan makanan secara rutin agar selama proses dimandikan dan disisir, kucing bisa lebih tenang dan nyaman asupan makanan yang cukup.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan terbaik dengan nutrisi lengkap dan seimbang untuk kucing dewasa, kamu bisa berikan Muezza, makanan kucing kering yang telah tersertifikasi halal.(*)

Bagikan Melalui