JAKARTA – Merawat dan meletakkan tanaman hias di dalam rumah telah banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya di tengah pandemi virus corona.

Di lansir dari Kompas.com (8/11/2020) Meletakkan tanaman hias di dalam rumah menggunakan pot-pot cantik bisa memberi suasana asri dan terlihat berestetika.

Kesan segar dan tak monoton pada sebuah ruangan di dalam rumah juga di dapat.Selain itu, menempatkan tanaman ke dalam ruangan rumah juga berdampak positif bagi kesehatan. Tanaman hias diyakini dapat menjadi penyaring udara yang, sehingga ragam polusi dapat diminimalisir.

Dari banyaknya tanaman hias yang ada, mana yang cocok untuk dimasukkan ke dalam rumah? Berikut pendapat Tian, selaku praktisi tanaman hias dan pendiri Tanam Ijo Ijo, Jumat (6/11).

“Yang cocok itu ada Calathea, Alocasia, Caladium, Philodendron, yang lagi ramai empat itu sih,” kata Tian.Tian pun memberi alasan empat tanaman hias tersebut sangat cocok untuk diletakkan ke dalam rumah.

Warna-warna yang unik menjadi alasan pertama.Calathea memiliki warna daun unik yang lebar nan cantik. Hal tersebut membuat banyak orang suka dengan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan tersebut.Sementara daun tanaman Caladium juga menarik perhatian. Warna daunnya yang begitu terang, membuat Caladium disukai pecinta tanaman hias sebagai dekorasi rumah.

“Kadang orang kan kalau menanam bunga harus nunggu berbunga kemudian layu. Nah kalau caladium itu dari daunnya sendiri aja udah cakep tuh warnanya,” tambah Tian.Sementara itu, alasan Alocasia cocok ditempatkan di dalam rumah karena daunnya yang lebih berkarakter dan terlihat eksotis.

Lalu, Philodendron juga cocok diletakkan ke dalam ruangan rumah karena bentuk daun-daunnya unik.Meski begitu, Tian mengaku bahwa tanaman hias di luar nama di atas juga tidak kalah cocok untuk diletakkan di dalam ruangan rumah.”Tapi semua tanaman sih bisa cocok (di dalam ruangan rumah) dan hampir disenangi, karena permintaannya kita lihat juga tinggi,” pungkas Tian.(*)