Lowongan CPNS 2021

Jakarta – Pemerintah bakal kembali membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun depan. Lowongan CPNS 2021 dibuka dengan mempertimbangkan sejumlah faktor.

Di lansir dari detik.com (3/11/2020) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan seleksi CPNS 2021 berpeluang digelar karena masih ada formasi kosong pada seleksi CPNS 2019. Kekosongan tersebut ada kemungkinan dialihkan untuk formasi CPNS 2021.

“Masih adanya formasi yang kosong pada CPNS Tahun 2019 – yang akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan untuk K/L (kementerian/lembaga)/Pemda prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021,” kata Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, dikutip Minggu (1/11).

Hanya saja, Mantan Mendagri itu menjelaskan rencana seleksi CPNS 2021 tetap memperhitungkan kebutuhan nyata dari instansi K/L/Pemda masing-masing.

“Seringkali K/L khususnya Pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal,” sebutnya.

Terlebih lagi dengan adanya era kenormalan baru (new normal), menurutnya banyak bidang pekerjaan yang pada kenyataannya tidak memerlukan begitu banyak pegawai.

“Dengan pendekatan TIK, sebagian pekerjaan dapat dialihkan ke dalam sistem, sehingga kebutuhan nyata pegawai tidak sebanyak kebutuhan yang diinginkan,” tambahnya.

Kabar dibukanya lowongan CPNS 2021 mulanya disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kemenpan-RB, Andi Rahadian.

“Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kemenpan-RB, Andi Rahadian.(*)

Bagikan Melalui