KEDIRI – Sebanyak 120 Peserta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pemkot Kediri mengikuti rapid test, Rabu (7/10). Pelaksanaan rapid test yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri ini tanpa biaya alias gratis.

Seperti dilansir dari suryamalang.com, Rabu (7/10/2020) Rapid tes gratis ini bertujuan untuk membantu para peserta yang mengikuti tes SKB CPNS untuk memenuhi kelengkapan syarat sebagai peserta.

“Ini instruksi dari Bapak Wali Kota Kediri untuk membantu peserta CPNS juga merupakan wujud layanan Pemkot Kediri untuk masyarakat,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Kediri, Alfan Sugiyanto.

Menurut Alfan, SKB merupakan rangkaian tes CPNS setelah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tes ini selain bertujuan untuk membantu warga Kota Kediri, sekaligus juga untuk memonitor penyebaran Covid 19.

Tak hanya peserta, Pemkot Kediri juga memberi layanan rapid test gratis kepada 60 orang petugas dari BKD Kota Kediri yang bertindak sebagai panitia tes CPNS.

“Tesnya masih berlangsung, sudah separuh lebih dan ditemukan satu yang reaktif dari panitia,” ungkap Alfan.

Satu orang yang reaktif ini kemudian mengulang rapid test dengan reagan yang berbeda untuk memastikan bahwa hasil tersebut bukan reaktif palsu.

Setelah reagan berbeda, hasilnya non reaktif.

Apabila ternyata dari rapid test yang diganti reagan menunjukkan hasil reaktif, maka akan dilanjutkan swab test.
“Pemkot Kediri terus berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk dengan rapid test,” jelas Alfan.

Dinkes juga terus menyerukan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Apabila ada acara yang mengundang banyak orang sebagaimana rangkaian tes CPNS, maka pelaksanaan protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

Bahkan perlu dilakukan rapid test untuk memastikan peserta yang hadir tidak membawa virus.

Sementara Zainal, salah satu peserta tes CPNS menjelaskan, mengetahui ada rapid tes gratis setelah namanya ada di webnya Pemkot Kediri.

“Ini sangat membantu, daripada tes di luar harus membayar. Di sini gratis,” ungkapnya.
Sementara syarat untuk ikut mengikuti rapid test gratis ini, selain mendaftar peserta tes CPNS juga memiliki KTP Kota Kediri.(*)