Jokowi Luncurkan 203 Triliun Untuk Meringankan Beban Ekonomi Masyarakat saat Pandemi

Jakarta – Presiden Joko Widodo biasa di panggil Jokowi mengatakan realisasi program perlindungan sosial pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi, sudah berjalan dengan baik.

“Program ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Alhamdulillah, pelaksanaan program perlindungan sosial telah berjalan dengan baik,” ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu, 26 September 2020.

Sejumlah program dengan alokasi dana sebesar Rp 203,9 triliun dikeluarkan pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi, dikutip dari tempo.con (26/9/2020)

Program tersebut di antaranya terealisasi dalam berbagai bentuk seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Nontunai, Sembako, Bantuan Sosial atau Bansos Tunai, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Bantuan Presiden Produktif, Subsidi Gaji, hingga diskon tarif listrik.

Jokowi menyebut bahwa realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk klaster perlindungan sosial ini selain bisa mengurangi beban masyarakat, juga memacu peningkatan produktivitas masyarakat.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa penanganan masalah kesehatan, terutama pencegahan penularan, adalah yang paling utama.

“Saya minta kepada semua pihak untuk disiplin menjalankan Protokol Kesehatan, agar penularan bisa ditekan, dan kehidupan masyarakat bisa berjalan normal kembali,” katanya.(*)

Bagikan Melalui