Rusia Pasok 100 juta Vaksin Covid-19 Ke India

MOSKOW – Rusia telah setuju untuk memasok 100 juta dosis vaksin virus Corona
, Sputnik-V, ke perusahaan obat India Dr Reddy’s Laboratories. Hal itu diungkapkan dana kekayaan Rusia ketika Moskow mempercepat rencana untuk mendistribusikan vaksinnya ke luar negeri.

Seperti dilansir dari sindonews. com, rabu, (16/9 /2020) Kesepakatan itu muncul setelah Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) mencapai kesepakatan dengan produsen India untuk memproduksi 300 juta dosis vaksin di India, yang merupakan konsumen utama minyak dan senjata Rusia seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (16/9)

Sebelumnya Rusia telah mengirimkan batch awal vaksin virus Corona terdaftar pertama di dunia ke semua bagian wilayahnya. Pengiriman dilakukan saat pihak berwenang menguji sistem pengiriman obat yang sangat dibutuhkan tersebut.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan formula tersebut diharapkan akan dikirim pada hari Senin.

Formula vaksin Covid-19 buatan Rusia saat ini sedang dalam tahap ketiga dan uji klinis terakhir. Sebanyak 55 ribu orang untuk ikut dalam uji coba vaksin tersebut. Jumlah ini jauh lebih besar dari rencana awal, yakni 40 ribu orang.

Pada 11 Agustus, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa negaranya telah mendaftarkan vaksin Covid-19 pertama di dunia, bernama Sputnik V. Vaksin ini diproduksi oleh Institut Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya Moskow.

Proses pengembangan vaksin telah dikritik oleh beberapa negara Barat karena perkembangan cepatnya yang dianggap tidak aman dan pengujian yang tidak tepat. Namun, awal bulan ini, jurnal medis Inggris terkemuka The Lancet menerbitkan studi Sputnik V dari Kementerian Kesehatan Rusia, menunjukkan bahwa vaksin itu 100 persen efektif, menghasilkan antibodi pada 76 peserta uji coba tahap awal.(*)

Bagikan Melalui