Dompet Digital Permudah Berkurban Dari Jarak Jauh

Jakarta, 30/7 – Para penyedia layanan dompet digital menyediakan fitur untuk mempermudah masyarakat yang ingin berkurban, namun tetap ingin menjaga keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Dompet digital bekerja sama dengan lembaga penyalur zakat dan kurban untuk menyediakan fitur membayar dan membeli hewan kurban secara digital.

Berikut ini kumpulan dompet digital yang menyediakan fitur berkurban sapi maupun kambing.

1. OVO

Platform dompet digital ini menyediakan fitur berkurban mulai pertengahan Juni hingga awal Agustus. OVO bekerja sama dengan Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Baznas dan Aksi Cepat Tanggap untuk menyalurkan hewan kurban.

Hewan kurban yang sudah dibeli tidak diantarkan ke rumah, melainkan disembelih dan disalurkan melalui lembaga donasi tersebut. Pengguna bisa bertransaksi langsung dari aplikasi OVO untuk membeli hewan kurban.

2. GoPay

Platform Gojek mengadakan program kurban lewat layanan donasi mereka, GoGive, pembayaran dilakukan dengan dompet digital GoPay. Gojek memberikan pilihan untuk menyalurkan daging kurban berdasarkan lokasi hingga pilihan hewan berkurban, satu ekor kambing, satu ekor sapi atau 1/7 dari sapi.

Gojek juga menampilkan profil suatu daerah dan menjelaskan mengapa lokasi tersebut membutuhkan daging kurban. Untuk membeli dan menyalurkan hewan korban, Gojek bekerja sama antara lain dengan platform donasi Kitabisa.com, Aksi Cepat Tanggap dan Global Qurban.

Teknis penyembelihan dan penyaluran daging kurban disesuaikan dengan masing-masing lembaga.

3. LinkAja

Melalui layanan Syariah, dompet digital LinkAja menyediakan fitur berkurban, bekerja sama dengan mitra untuk membeli dan menyalurkan daging kurban.

Lembaga yang bekerja sama dengan LinkAja antara lain Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baznas, Aksi Cepat Tanggap, Pusat Zakat Umat, Human Initiative dan Rumah Yatim.

4. DANA

Platform ini bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk pembayaran digital membeli hewan kurban di lembaga tersebut. Untuk berkurban, pengguna harus masuk ke website atau aplikasi Dompet Dhuafa, kemudian memilih “Kurban Sekarang”.

DANA akan muncul sebagai salah satu pembayaran untuk kurban di Dompet Dhuafa.

(ANT/ZA)

Bagikan Melalui