Kapolda Jatim: Ketahanan Pangan Bagian Dari Kampung Tangguh COVID-19

Sidoarjo, 10/7 – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengatakan ketahanan pangan merupakan bagian dari implementasi Kampung Tangguh untuk mengatasi permasalahan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

“Melalui ketahanan pangan seperti ini masyarakat akan terpenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri di tengah pandemi COVID-19,” kata Fadil Imran di sela panen raya ikan bandeng di Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Ia mengemukakan ketahanan pangan dapat dilakukan di berbagai bidang, seperti di bidang pertanian dengan menanam padi maupun sayur mayur secara mandiri.

Sementara, kata dia, terkait dengan Kampung Tangguh merupakan program kolaboratif yang berbasis kepada partisipasi masyarakat.

“Jadi kekuatan Kampung Tangguh ini adalah kekuatan kolaborasi antarseluruh komponen yang ada dari Forkopimda dari perguruan tinggi serta rekan-rekan media dari pengusaha dan tentunya berbagai kelompok kelompok dalam masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, tujuan didirikannya kampung tangguh ini supaya masyarakat aman dari COVID-19 itu yang utama, kemudian dampak sosial bisa dieliminir sedini mungkin.

“Oleh sebab itu di setiap Kampung tangguh Semeru terdapat posko ketahanan pangan, baik yang berbasis perikanan, berbasis perkebunan dan juga sawah,” katanya.

Ia mengatakan, keberadaan ketahanan pangan di kampung tangguh sesuai dengan karakter wilayah masing-masing dengan memberdayakan semua lini yang ada.

“Semua kami berdayakan kemudian sampai saat ini di Jawa Timur sudah terbentuk bukan hanya kampung tangguh tetapi pondok pesantren tangguh, pabrik tangguh dan kawasan industri tangguh, tempat ibadah tangguh dan semua ruang-ruang publik,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan supaya protokol kesehatan terbangun dengan baik di masing-masing kampung tangguh, serta mengajak masyarakat untuk berperilaku disiplin.

“Namun demikian dukungan dari pemerintah pusat dengan membagikan dua juta masker untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat,” ucapnya.

Sebelum melakukan panen raya ikan Bandeng dengan Forkopimda Jatim, Kapolda juga melakukan pertemuan virtual bersama dengan Kapolri dan juga Panglima TNI di tempat yang sama.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolda Jawa Timur Ijen Pol Dr. Muhammad Fadil Imran, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, bersama pejabat utama Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, PJU Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo dan instansi terkait lainnya.

(ANT/ZA)

Bagikan Melalui