BLITAR-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar terus memberikan pemahaman kepada masyarakat pesisir pantai selatan. Yakni agar masyarakat di wilayah tersebut mengerti kesiapsiagaan dalam menghadapi  benncana tsunami.

Hal itu tercermin dalam kegiatan rapat koordinasi gladi lapangan bencana yang digelar di Bu Mamik Selasa 03/12. Acara ini sebagai rangkaian gladi lapangan bencana yang bakal dihelat awal tahun depan. “Gladi lapangan bencana tsunami adalah salah satu uji dari rencana kontinjensi tsunami yang telah disusun. Apakah rencana tersebut sudah layak digunakan atau tidak,” ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Blitar Mahendra Pudji.

sebelum simulasi lapangan bencana, kata Mahendra, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan membangun komunikasi dengan pihak terkait. Baik masyarakat, sekolah maupun komunitas di Desa Tambakrejo. “Dukungan masyarakat dibutuhkan dengan harapan mereka makin paham bagaimana menyelamatkan diri apabila ada ancaman bencana, khususnya tsunami,” jelasnya. (mha/yog/hms)