BLITAR – Bupati Blitar Rijanto meresmikan kandang percontohan cerdas iklim di Desa Ngrejo, Kecamatan Bakung. Kandang tersebut  bertujuan menjadi sarana pembelajaran bagi para peternak di wilayah Kabupaten Blitar.

Peresmian ini dihadiri oleh konjen AS,  Dinas Peternakan Jatim, Ketua DPRD Kabupaten Blitar dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Rofi Yasifunasifun mengatakan kandang percontohan ini dilengkapi tehnologi yang modern. Misalnya, sarana memberikan pakan yang menggunakan rangkaian semi otomatis yang sangat mudah dioperasikan.  ” Mekanisasi peternakan ini dipersiapkan untuk generasi milenial,” kata Rofi.

Kandang merupakan tempat untuk semua aktivitas hewan ternak. Karena itu, makan hingga bertelur unggas tidak berpindah dari tempat tersebut. Untuk itu, harus dikonsep sedemikian rupa agar nyaman dan sehat. “Tinggi kandang diatur, sirkulasi udara dan faktor faktor lain juga diatur sedemikian rupa agar ternak nyaman,” tuturnya.

Bupati Rijanto mengapresiasi kandang percontohan tersebut. Tak hanya itu, juga ada sarana edukasi bagi peternak terkait iklim. Hal itu penting karena cuaca memiliki pengaruh besar terhadap produktivitas ternak. ” Terimakasih kepada usaid, cargill atas pusat pembelajaran ayam ini,” kata Rijanto.

Bupati menegaskan, sentra peternakan ayam petelur ada di selatan Blitar. Yakni Kecamatan Bakung, Kademangan, dan Wonotirto. Totalnya, lebih dari 450 ton telur diprduksi dari seluruh Blitar. Hal ini jelas menjafi potensi luar biasa yang harus mendapat perhatian. Tidak hanya dari kelayakan kandang namun juga banyak hal lain misalnya kemudahan modal usaha. ” Alhamdulillah atas kebersamaan semua berjalan lancar. Karena ketika ada persoalan ada komunikasi yang baik,” jelas dia. (mha/yog/hms)