BLITAR-Dinas Pendidikan Kota Blitar menggelar diklat kepada para pendidik di  bawah naungannya. Kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan terhadap tenaga pendidik ini dikuti ratusan peserta.

Esti Widasih, kepala Bidang Pembinanaan Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kota Blitar menjelaskan PKP berbasis zonasi ini adalah program pemerintah pusat.

Tujuannya meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan terhadap tenaga pendidik yang berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan analisis tinggi. “Pembinaan atau diklat ini dilakukan di luar aktivitas mengajar, sehingga tidak mengganggu tanggungjawab guru,” ujar Esti.

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi ini dilakukan dengan model In-On. Maksudnya, setiap Sabtu mereka menerima materi dari guru Inti, seminggu berikutnya mereka menerapkan materi tersebut dalam proses belajar mengajar. “ Guru inti adalah tenaga pendidik yang sudah mendapatkan materi pelatihan dari pemerintah pusat, mereka dipilih sebagai mentor dalam diklat ini,” jelas Esti.

Diklat ini dilaksanakan selama lima pekan. Karena ada lima kali pertemuan atau materi dari mentor. Di akhir diklat, Kata Esti, para peserta menyusun best practice atau semacam makalah mengenai metode pembelajaran yang efektif yang berorientasi kepada HOTS. “ Nantinya juga ada ujian kompetensi berbasis komputer bagi peserta sebagai salah satu penjaminan mutu tenaga pendidik,” katanya. (mha/yog)