BLITAR-Bupati Blitar Rijanto mengapresiasi para bidan yang turut membantu suksesnya Kabupaten Blitar meraih penghargaan swastisaba Wistara. Sebab, bidan sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan berkaitan dengan bidang kesehatan. Utamanya dalam hal-hal untuk mewujudkan Kabupaten Blitar sehat. 

Pernyataan itu disampaikan Rijanto saat menghadiri Musda Cabang VII Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Blitar di hotel Puri Perdana. “Kami sangat mengapreasi dan berterima kasih kepada para bidan yang sudah andil besar. Terima kasih pengabdian ibu-ibu semua untuk masyarakat Blitar,” ungkap Rijanto.

Ada beberapa hal yang menunjukkan peran besar bidan. Yakni, menekan angka kematian ibu yang baru melahirkan, menekan kematian bayi, dan juga menekan stunting. “Alhamdulilah, angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Blitar sangat rendah. Lebih rendah dari rata-rata di Jawa Timur. Demikian juga stuntingnya juga rendah,” beber Rijanto penuh bangga.

Pada kesempatan itu, bupati berharap musda IBI berjalan dengan lancar. Pemkab Blitar, kata dia, bakal memberikan dana hibah maupun kendaraan operasional bagi IBI Kabupaten Blitar untuk kelancaraan organisasi. “Kami berharap para bidan tetap menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Termasuk membantu pemerintah daerah dalam hal mewujudkan Kabupaten Blitar sehat,” imbuhnya. (mha/yog/hms)