TULUNGAGUNG – Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-814 Tulungagung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung bekerjasama dengan lembaga kearsipan menggelar acara pameran kearsipan. Acara yang dihelat di halaman kantor timur alun-alun Tulungagung mulai pukul 09.00 hingga 20.00 ini terlihat ramai pengunjung.

 Pameran kali ini mengambil tema dengan bercermin dari masa lalu untuk menentukan masa depan. “Jadi begini, menurut kami arsip itukan ada 3 dimensi. Membaca dari masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Intinya barang yang dipamerkan kali arsip otentik bisa digunakan untuk jadi pijakan untuk masa depan” ujar pak Silan Baedowi, salah seorang panitia pameran.

Pameran kearsipan ini terhitung sudah dua kali digelar. Namun, menurutnya, animo masyarakat saat ini berbeda ketika pameran ini pertama kali digelar. “Kalau yang tahun kemarin saya akui tak sesuai ekspektasi kami. Namun tahun ini alhamdulillah semakin meningkat. Lebih ramai. Tadi saja banyak siswa sekolah yang mampir, bahkan dari kalangan mahasiswa dan guru pun ada” imbuhnya.

Dia membeberkan, pihak lembaga kearsipan selalu siap jika diminta untuk menampilkan pameran seperti ini tiap tahun.  Asalkan ada kerja sama dengan instansi pemerintahan. “Kalau tiap tahun mau gelar acara seperti ini, tapi ya harus kerjasama dengan instansi pemerintah. Lha kalau cuma pamerin foto ya gampang, cuman kan itu kegiatannya apa harus konfirmasi dulu dengan instansi terkait” tutur Silan Dengan adanya acara pameran semacam ini, para anggota lembaga kearsipan berharap agar instansi serta masyarakat semakin peduli dengan pentingnya arsip bagi kehidupan. “Ya harapan kami dari acara ini semoga instansi di Tulungagung serta masyarakatnya peduli terhadap arsip terhadap kehidupan. Serta, diharapkan masyarakat yang belum tau tentang kearsipan jadi semakin tergugah oleh pentingnya kearsipan,”pungkasnya.(sir/yog)