BLITAR-Ratusan manula (manusia lanjut usia) terlihat bersemangat mengikuti rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Taman Idaman Hati, Kecamatan Wlingi Selasa (29/10). Pada kesempatan tersebut, Bupati Rijanto mengaskan komitmen pemerintah memperhatikan masyarakat khususnya usia lanjut, agar terus produktif dalam menikmati dan mengisi hari tuanya.

“Kita semua berharap agar para lansia tetap sehat, produktif dan bermartabat,” kata bupati dalam sambutannya.

Rijanto juga memberikan apresiasiasi sebesar besarnya untuk lembaga atau organisasi wadah para lansia, Seperti komdalansia (komisi daerah lanjut usia). Sebab, dengan wadah teraebut lansia memiliki sarana untuk berekspresi dan mengisi masa tuanya dengan sejumlah kegiatan yang positif seperti menjahit, membuat kerajinan, kuliner maupun kegiatan lainnya. “Kami akan terus mendampingi program dan kegiatan para lansia ini. Karena tanpa sadar, yang dilakukan tersebut juga mendukung pemerintah daerah,” tuturnya.

Komdalansia, kata Bupati, merupakan perkumpulan organisasi kemasyarakatan lansia seperti Gruntul Griya Giyoso, PWRI, Veteran dan Peta. Di dalam Komdalansia, para lansia memiliki kesibukan di berbagai bidang seperti jahit menjahit, membuat aneka kue dan kegiatan inovatif lain hasil binaan Pemkab Blitar.

Pria yang dikenal ramah ini mengungkapkan, beberapa waktu lalu, perkumpulan lansia yang tergabung di Gruntul Griya Giyoso menjadi juara umum dalam ajang Gruntul Griya Giyoso Karangperda tingkat Jawa Timur. “Semua organisasi sosial kemasyarakatan lansia itu masuk Komdalansia. Disinilah kita akhirnya bisa memperhatikan mereka-mereka kegiatannya kita backup. Prestasi-prestasi tampaknya cukup bagus, seperti tadi yang saya sampaikan lomba Gruntul Griyo Giyoso Karangperda, ini juara satu Jawa Timur, lalu desa Karangsono juara 1 Jatim,” kata Bupati Rijanto.

Melalui Komdalansia Kabupaten Blitar yang diketuai oleh Wakil Bupati Blitar, sambung Rijanto, Pemkab Blitar terus memastikan kegiatan lansia akan terus dilakukan pembinaan supaya produktif. Kedepan, dia berharap lansia Kabupaten Blitar terus eksis dan berkontribusi positif bersama Pemkab Blitar untuk membangun Kabupaten Blitar yang lebih baik, dengan memfungsikan program kerja pemerintah.(mha/yog/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.